KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN

21/11/2017 - 06:03 AM
Mari..! Kita Tingkatkan Mutu, Produksi dan Produktivitas Tanaman Perkebunan Berkelanjutan..!

Rapat Koordinasi Persiapan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit Rakyat di Sumatera Utara 2017

Di Publish Pada : 15/11/2017 | Kategori : Berita Utama

Direktur Jenderal Perkebunan memimpin rapat koordinasi didampingi Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktur Utama BPDPKS, Ketua Tim Khusus Peremajaan Kelapa Sawit dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara

Medan- Rapat koordinasi persiapan peremajaan kebun kelapa sawit rakyat ini dilaksanakan pada tanggal 6 November 2017 bertempat di Hotel Aryaduta, Jl. Kapten Maulana Lubis No. 8 Medan. Rapat dipimpin oleh Direktur Jenderal Perkebunan. Pada kesempatan ini Direktur Jenderal Perkebunan memberikan arahan kepada peserta pertemuan, setelah arahan dilanjutkan diskusi dengan moderator Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar.

Kegiatan pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit rakyat didukung oleh Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan direncanakan penanaman perdananya oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 25 November 2017.    

Rapat koordinasi ini mengundang dan dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah Tingkat II di Sumatera Utara, Ketua Komisi B DPRD Sumatera Utara, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Badan Pertanahan Nasional Sumut, Ketua GAPKI, Ketua APKASINDO, Dirut PD. Paya Pinang, Perwakilan Bank Sumut, Perwakilan Bank BRI, Perwakilan Bank Mandiri, Perwakilan Bank BNI, Direktur PPKS Medan, Perwakilan PT Perkebunan Nusantara II, PT Perkebunan Nusantara III, PT Perkebunan Nusantara IV Medan dan Kepala SKPD dari Daerah Tingkat II yang membidangi perkebunan.

Tujuan dari rapat koordinasi ini :

  1. Melaksanakan program pemerintah didukung BPDPKS untuk membantu rakyat meremajakan kembali kebun kelapa sawit milik mereka yang produksi buahnya sangat minim karena usia tanaman sudah diatas 25 tahun atau disebabkan penggunaan benih yang ditanamnya kurang baik/tidak bersertifikat.
  2. Untuk mengetahui persiapan pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit rakyat di Propinsi Sumatera Utara. Dengan kegiatan ini diharapkan bila ada masalah dapat di ketahui dan selesaikan secepatnya.

Materi yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Lokasi acara penanaman perdana oleh Presiden Republik Indonesia
  2. Potensi luasan kebun kelapa sawit yang akan di
  3. Status tanah kebun yang akan di
  4. Ketersediaan benih kelapa sawit siap tanam yang tersedia
  5. Dukungan dari para Kepala Daerah Tingkat II dan Instansi terkait

Usai menutup rapat Direktur Jenderal Perkebunan menyapa peserta yang hadir pada pertemuan tersebut

Hasil dari pembahasan materi pada rapat koordinasi ini adalah :

  1. Lokasi untuk acara penanaman perdana oleh Presiden Republik Indonesia ditetapkan di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai.
  2. Diketahui potensi kebun kelapa sawit rakyat yang akan di replanting pada tahun 2017 di Propinsi Sumatera Utara adalah seluas 8.247 Ha.
  3. Untuk potensi luas di seluruh Indonesia pada tahun 2017 adalah seluas 20.780 Ha.
  4. Ketersediaan benih kelapa sawit siap tanam untuk Propinsi Sumatera Utara dari sumber benih Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan pada tahun 2017 sebanyak 996.000 benih siap tanam.
  5. Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan memproses secepatnya status kepemilikan tanah kebun milik rakyat dengan dukungan dari Bupati masing-masing Kabupaten.
  6. Para Bupati Kepala daerah Tingkat II akan mendorong Kepala Dinas terkait untuk melakukan pendataan luasnya kebun rakyat yang ada pada daerah masing-masing dan membantu menyelesaikan status kepemilikan lahan kebun agar bisa mendapatkan bantuan peremajaan. Peremajaan untuk kebun yang tidak produktif berumur lebih dari 25 tahun atau untuk kebun yang sangat minim produksinya walaupun usia tanaman belum mencapai 25 tahun.

Reporter & Foto : Yoseph Robinson & Manippo Simamora (BBPPTP Medan).

(Admin)

 

 


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Asrama No. 124 Medan, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia (20126)
Telp. : (061) 8470504, 8458008, 8466787 FAX. (061) 8466771, 8445774. Email : ditjenbun@pertanian.go.id