KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN

24/01/2018 - 04:30 AM

SOSIALISASI LAYANAN KLINIK TANAMAN BBPPTP MEDAN DI WILAYAH BINAAN UPPT SIBIRUBIRU KEC. SIBIRUBIRU KAB. DELI SERDANG PROPINSI SUMATERA UTARA TAHUN ANGGARAN 2017

Di Publish Pada : 02/01/2018 | Kategori : Berita Utama

Kegiatan sosialisasi layanan klinik tanaman di BBPPTP Medan telah dilakukan sebanyak dua kali selama tahun 2017. Sosialisasi layanan klinik tanaman Tahap I  dilaksanakan di kantor UPPT Sibirubiru pada hari Selasa tanggal 22 Mei 2017. Ruang lingkup dalam kegiatan Sosialisasi Layanan Klinik Tanaman perdana ini meliputi: persiapan, pelaksanaan sosialisasi, diagnosis gangguan OPT di kebun petani dan penyusunan rekomendasi pengendalian OPT.

Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang 20 orang petani perkebunan dari kelompok tani Pendawa dan Sama yang ada di wilayah binaan UPPT Sibirubiru Kab. Deli Serdang, 16 orang PPL BPP Kec. Bangun Purba, kepala dan PPL dari BPP Kec. Sibirubiru, dan 2 orang PPL dari BPP Jaharum, 2 orang dari STPP Medan, 16 orang pejabat fungsional POPT, 2 orang pejabat fungsional PMHP dan 9 orang petugas UPPT Sibirubiru.

Sosialisasi layanan klinik tanaman dibuka oleh Kepala Bidang Proteksi, Ir. M. Nursol, M.Sc. yang didampingi oleh Ir. Henry Pardede selaku Kepala Seksi Jaringan Laboratorium Proteksi BBPPTP Medan. Kegiatan dilanjutkan dengan  pemaparan tentang layanan klinik tanaman yang disampaikan oleh Ir. Syahnen, M.S. Dalam pemaparan tersebut telah dijelaskan mengenai pengertian, mengapa dilakukan klinik tanaman, tujuan dan prosedur klinik tanaman, waktu operasional klinik tanaman, siapa yang terlibat di dalam klinik tanaman.

Sosialisasi perdana dan pemaparan layanan klinik tanaman BBPPTP Medan di UPPT Sibirubiru

Selesai pemaparan tentang layanan klinik tanaman sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi/konsultasi antara petani dan petugas klinik tanaman (dokter tanaman) tentang kerusakan pada tanamannya. Dalam sosialisasi  layanan klinik tanaman Tahap I ini para petani membawa contoh bagian tanamannya yang rusak atau terserang OPT dan menunjukkannya kepada petugas klinik tanaman. Pada saat diskusi petani dapat bertanya dengan lebih leluasa tentang adanya gangguan pada kebunnya sambil si petugas klinik tanaman mencatat data/keterangan yang diperlukan untuk diagnosis dalam formulir yang telah disediakan.

Diskusi/konsultasi antara petani dan petugas klinik tanaman

Di akhir kegiatan, petugas klinik tanaman menyusun hasil analisis gangguan OPT berdasarkan konsultasi dengan petani dan contoh tanaman yang ada. Dari kegiatan ini diperoleh 11 hasil analisis gangguan OPT. Hasil analisis tanaman diserahkan kepada para petani oleh kepala bidang proteksi didampingi kepala UPPT Sibirubiru.

Penyerahan hasil analisis gangguan OPT oleh kepala bidang proteksi BBPPTP Medan didampingi kepala UPPT Sibirubiru

Sebagai lanjutan kegiatan sosialisasi layanan klinik tanaman Tahap I dilanjutkan dengan Tahap II yang dibiayai oleh APBN TA 2017, pada tanggal 5 Desember 2017. Pada tahap II telah dilaksanakan tinjauan atau kunjungan lapangan ke kebun-kebun petani perkebunan di wilayah binaan UPPT Sibirubiru. Tinjauan/kunjungan lapangan dilaksanakan di empat desa yaitu desa Candi Rejo, Kutomulyo, Sidomulyo dan Namo Tualang  dengan melibatkan 14 orang petani dengan komoditas kakao, kelapa sawit dan karet.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah jangkauan layanan klinik tanaman BBPPTP Medan sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Tim klinik tanaman BBPPTP Medan sebelumnya telah meminta arahan dan bimbingan dari Kepala BBPPTP Medan, Dr. Ir. Dwi Praptomo Sudjatmiko, M.S. yang didampingi oleh Kepala Bidang Proteksi Ir. M. Nursol, M.Sc. Selanjutnya tim diberangkatkan ke lokasi kunjungan oleh kepala BBPPTP Medan.

Foto bersama tim klinik tanaman dengan kepala BBPPTP Medan

Petugas klinik tanaman dibagi dalam lima tim yang merupakan gabungan dari petugas UPPT Sibirubiru dan pejabat fungsional POPT BBPPTP Medan. Dalam tinjauan/kunjungan lapangan yang dilakukan, petugas klinik tanaman berdiskusi dengan petani tentang masalah yang dihadapinya khususnya tentang OPT dan gangguan yang terdapat di kebun. Faktor-faktor lain yang mendukung budidaya dan kondisi kebun juga turut diungkapkan sambil melakukan pemeriksaan kebun. Seluruh data yang diperoleh dicatat dalam formulir tinjauan/kunjungan lapangan layanan klinik tanaman.

Pada saat berdiskusi petani mengungkapkan antusiasme dan perhatiannya tentang teknik pengendalian terhadap berbagai OPT yang dihadapinya di kebun. OPT yang banyak menimbulkan kerugian dan gangguan antara lain serangan Helopeltis sp. pada buah kakao, penggerek buah kakao, penyakit busuk pangkal batang Ganoderma pada kelapa sawit dan serangan jamur akar putih pada tanaman karet. Petani sangat mengharapkan kebunnya dapat bebas dari serangan OPT ataupun minimal serangan dapat secara nyata berkurang.

Tinjauan/kunjungan tim klinik tanaman ke kebun-kebun petani

Tindakan pengendalian menggunakan agens pengendali hayati (APH) seperti Trichoderma, Beauveria bassiana dan pemanfaatan metabolit sekunder sudah banyak dilakukan petani dan mereka berharap pemerintah dapat mendistribusikan  APH dan metabolit sekunder lebih banyak lagi karena dianggap berpengaruh positif terhadap penurunan serangan OPT. Petani juga diajak untuk memanfaatkan layanan klinik tanaman yang ada di kantor UPPT Sibirubiru Kab. Deli Serdang dan mau mengadukan masalah kebunnya kepada petugas.

Diskusi kepala BBPPTP Medan dengan petani

Di akhir kegiatan petani diajak berdiskusi dengan kepala BBPPTP Medan di kantor UPPT Sibirubiru tentang tanggapan dan harapannya terkait kegiatan layanan klinik tanaman BBPPTP Medan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat membuka cakrawala dan wawasan petani serta petugas dalam meningkatkan kesehatan tanaman dan mendorong upaya pemanfaatan layanan klinik tanaman BBPPTP Medan di waktu yang akan datang. Semua upaya yang dilakukan merupakan langkah BBPPTP Medan dalam mendekatkan diri dengan petani dan masyarakat dalam rangka pengabdian kepada masyarakat tani khususnya yang ada di wilayah kec. Sibirubiru Kab. Deli Serdang dalam wadah Klinik Tanaman.

 

Reporter & Foto : Ida Roma Tio Uli Siahaan, Syahnen, Sry Ekanitha Pinem (BBPPTP Medan).

Admin

 

 


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 45
Total pengunjung : 864

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Asrama No. 124 Medan, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia (20126)
Telp. : (061) 8470504, 8458008, 8466787 FAX. (061) 8466771, 8445774. Email : bbpptp.medan@pertanian.go.id