KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN

10/12/2018 - 11:35 PM

KEGIATAN PENERAPAN TEKNOLOGI ISOLASI PEMBUATAN STARTER DAN FORMULASI BIOPESTISIDA JAMUR Beauveria bassiana TAHUN 2017

Di Publish Pada : 03/01/2018 | Kategori : Berita Utama

Pada tahun 2017 ini Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Utara telah menyelenggarakan kegiatan Penerapan Teknologi Isolasi Pembuatan Starter dan Formulasi Biopestisida Jamur Beauveria bassiana bertempat di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan mulai 20 November-02 Desember 2017. Jamur B. bassiana adalah salah satu musuh alami yang digunakan untuk mengendalikan serangga dari berbagai jenis seperti Orthoptera, Coleoptera, Lepidoptera, Hemiptera, Diptera, dll, dan jamur ini sering disebut jamur entomopatogen.

Kegiatan ini diadakan antara lain bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan kepada petani tentang pemanfaatan agens pengendali hayati (APH) dalam mengendalikan organisme pengganggu tanaman dan petani diharapkan dapat secara mandiri memproduksi sendiri jamur Beauveria bassiana baik secara pribadi maupun di dalam kelompok tani.

Kegiatan dibuka oleh panitia penyelenggara yaitu Kepala UPTD Perlindungan Tanaman yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, Bapak Riang Tarigan, S.H. didampingi Kepala BBPPTP Medan yang diwakili oleh Kepala Seksi Jaringan Laboratorium, Bapak Ir. Henry Pardede. Sebagai fasilitator atau narasumber adalah para pejabat fungsional Pengendali OPT (POPT) yang ada di lingkup BBPPTP Medan. Peserta dari kegiatan ini merupakan para petani dari empat kabupaten di wilayah Propinsi Sumatera Utara yaitu petani kakao dan kopi dari Kabupaten Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Karo dan Asahan. Masing-masing peserta dari setiap kabupaten mengikuti kegiatan ini selama tiga hari.

Para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan dari fasilitator/narasumber dan melakukan praktik di laboratorium

Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain: Prospek, potensi dan eksplorasi jamur B. bassiana sebagai APH, Isolasi dan identifikasi jamur B. bassiana, Pembuatan dan perbanyakan isolat jamur B. bassiana, Perbanyakan starter dan perbanyakan jamur B. bassiana dalam media cair dan Aplikasi serta evaluasi penggunaan jamur B. bassiana.

Penyampaian materi dilakukan dengan cara diskusi dan tanya jawab di aula BBPPTP Medan, praktikum di laboratorium serta field trip ke kebun petani di Desa Mancang Kec. Selesai Kab. Langkat yang didampingi oleh petugas UPPT Selesai, Pada saat fieldtrip petani diajarkan tentang teknik aplikasi jamur B. bassiana cair dengan cara penyemprotan maupun infus atau bor batang. Para peserta dengan antusias memperhatikan dan berdiskusi dengan fasilitator/narasumber di lapangan.
Di akhir kegiatan para peserta diharapkan dapat mempraktikkan segala materi yang telah disampaikan oleh narasumber/fasilitator di daerah masing-masing dan dapat menjadi motor penggerak bagi petani lainnya. Petani juga diberikan sertifikat telah mengikuti kegiatan pelatihan yang diserahkan oleh Bapak Riang Tarigan, S.H.  Kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama dengan para peserta, panitia serta narasumber/fasilitator.

Penyerahan sertifikat dan foto bersama dengan para peserta

 

Reporter & Foto : Ida Roma Tio Uli Siahaan, Syahnen, Sry Ekanitha Pinem (BBPPTP Medan).

Admin

 

 


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 64
Total pengunjung : 14500

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Asrama No. 124 Medan, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia (20126)
Telp. : (061) 8470504, 8458008, 8466787 FAX. (061) 8466771, 8445774. Email : bbpptp.medan@pertanian.go.id