KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN

19/09/2018 - 04:06 PM

Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Amanah di Kabupaten Serdang Bedagei 9 Februari 2018

Di Publish Pada : 19/02/2018 | Kategori : Berita Utama

Pencanangan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) telah resmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada tanggal 27 November 2017 bertempat di Desa Kota Tengah, Kabupaten Serdang Bedagai. Pemerintah lewat Kementerian Pertanian melaksanakan peremajaan kebun kelapa sawit rakyat dengan dukungan Menko Perekonomian melalui Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) diseluruh Indonesia dilakukan dalam rangka mengangkat produktivitas hasil dari tanaman kelapa sawit tersebut yang berhubungan langsung dengan meningkatnya produksi CPO skala nasional.

Untuk Propinsi Sumatera Utara sendiri Kebun sawit rakyat yang akan diremajakan diperkirakan seluas 9.109,29 hektar, tersebar dibeberapa Kabupaten. Kabupaten yang telah masuk dalam program peremajaan sawit rakyat tersebut antara lain : Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kabupaten Padang Lawas utara dan Kabupaten Padang Lawas. Pada saat ini kelompok–kelompok tani yang berada dimasing-masing Kabupaten sudah dalam tahap proses verifikasi sebagai kelompok yang akan mendapatkan bantuan pada pelaksanaan program PSR tersebut.

Menindak lanjuti program PSR yang telah diresmikan itu, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Amanah dari Kabupaten Serdang Bedagei (Sergei)  melakukan acara peresmian penanaman perdana untuk program PSR. Dengan kegiatan ini Gapoktan Amanah menjadi kelompok tani pertama di Sumatera Utara yang melaksanakan program PSR tersebut. Luas areal kebun yang dikelola Gapoktan Amanah adalah 53,60 hektar dengan jumlah anggota sebanyak 43 orang.

Peresmian penanaman perdana di lahan Gapoktan Amanah dilakukan oleh Wakil Bupati kabupaten Serdang Bedagei Darma Wijaya, SE. bertempat di Dusun VI, Desa Kuta Pinang, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagei pada hari Jumat 9 Februari 2018.

Hadir pada acara peresmian penanaman perdana PSR Gapoktan Amanah tersebut, Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan Dr.Ir.Dwi Praptomo Sudjatmiko MS, didampingi Kabid. Perbenihan Ir.Asnilawarni MMA, Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Utara Ir.Herawati MMA, Asisten II Ir.Kaharudin, Presiden Direktur PT Payapinang Kacuk Sumarto bersama Dirut PT PD Payapinang Group Ir.Sumarto MBA, perwakilan Dinas Pertanian Kab. Sergei, Kepala Cabang BRI Kota Tebing Tinggi dan anggota Gapoktan Amanah.

Dalam sambutannya pada acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagei Darma Wijaya SE menyampaikan, bahwa pelaksanaan program PSR adalah kebijakan pemerintah yang pro rakyat dan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap sub sektor perkebunan. Pemerintah melalui BPDPKS memberikan dana hibah sebesar Rp 25 juta per hektar sebagai bantuan untuk kebun kelapa sawit rakyat yang direplanting. Dana bantuan yang diterima harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknyasesuai aturan untuk program PSR.Bila penggunaannya salah dapat menimbulkan masalah nantinya. Benih kelapa sawit yang digunakan harus benih unggul bersertifikat agar produktifitas buahnya tinggi sehingga penghasilan petaninya nantinya bisa meningkat.

Presiden Direktur perusahaan PT Paya Pinang, Kacuk Sumarto pada kesempatan itu mengatakan, sebagai offtaker akan memberikan pendampingan praktis berstandar ISPO kepada Gapoktan Amanah. Disamping itu juga pendampingan dalam hal perawatan kebun dan sekaligus bertugas menyerap hasil panen kelapa sawit dari kelompok ini.

Pada akhir kegiatan acara peresmian tersebut, dilakukan penanaman perdana benih kelapa sawit dilahan Gapoktan Amanah oleh Wakil Bupati Sergei diikutiKepala Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Utara dan Kepala BBPPTP Medan.

Tujuan dan hasil dari kegiatan penanaman perdana ini :

  1. Menindak lanjuti arahan dari Presiden Joko widodo yang telah memerintahkan jajarannya untuk secepatnya menjalankan program peremajaan sawit rakyat agar kelapa sawit Indonesia bisa bersaing dan unggul di dunia Internasional.
  2. Melaksanakan program pemerintahuntuk membantu rakyat meremajakan kembali kebun kelapa sawit milik mereka yang produksi buahnya sangat minim karena usia tanaman sudah diatas 25 tahun atau disebabkan penggunaan benih yang kurang bermutu/tidak bersertifikat.

Reporter & Foto : Asnilawarni & Yoseph Robinson (BBPPTP Medan).

Admin


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 35
Total pengunjung : 9435

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Asrama No. 124 Medan, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia (20126)
Telp. : (061) 8470504, 8458008, 8466787 FAX. (061) 8466771, 8445774. Email : bbpptp.medan@pertanian.go.id