KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN

18/11/2018 - 06:16 PM

PELUNCURAN APLIKASI PESONA SERIBU

Di Publish Pada : 02/07/2018 | Kategori : Berita Utama

Medan,- Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan telah meluncurkan aplikasi “Pesona Seribu” pada tanggal 30 April 2018 yang lalu. Acara peluncuran dibuka oleh Kepala BBPPTP Medan Dr. Ir. Dwi Praptomo Sudjatmiko, MS yang dihadiri oleh produsen benih kelapa sawit dari PPKS Medan, PT. Socfin Indonesia, PT. PP. Lonsum Indonesia Tbk, PT. ASD-Bakrie Oil Palm Seed Indonesia, PT. Bakti Tani Nusantara dan PT.P. Nusantara IV, Produsen Benih Karet, Produsen Benih Kakao, Produsen Benih Kopi, Produsen Benih Lada, Produsen Benih Cengkeh, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas yang membidangi perkebunan dari beberapa Kabupaten di Sumatera Utara, Pengawas Benih Tanaman dan Staf BBPPTP Medan.

Dalam sambutannya Kepala BBPPTP Medan sekaligus mensosialisasikan aplikasi layanan ini. Aplikasi ini merupakan salah satu wujud pelayanan publik berbasis online. Aplikasi “Pesona seribu” merupakan pelayanan sistem online nasional sertifikasi benih tanaman perkebunan. Aplikasi ini merupakan bentuk percepatan (quick wins) dari sistem layanan secara manual yang selama ini telah dijalankan yakni layanan sertifikasi dan pengujian mutu benih tanaman perkebunan yang merupakan salah satu tupoksi BBPPTP Medan.

Kepala BBPPTP Medan melakukan sosialisai aplikasi “pesona seribu”

Aplikasi “Pesona seribu” lahir akibat masih ditemukan keluhan pengguna jasa pada layanan sertifikasi dan mutu benih tanamanan perkebunan yaitu lambatnya penerbitan sertifikat mutu benih yang merupakan produk akhir dari layanan ini. Pembenahan pada layanan ini menjadi salah satu target agar dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat perkebunan. Untuk mengatasi bentuk keluhan dari pengguna jasa (produsen benih) tersebut, maka dicarilah suatu solusi untuk upaya perbaikan kualitas dan percepatan penyelenggaraan pelayanan publik. Layanan berbasis online ini merupakan suatu upaya untuk mempercepat dan mempermudah proses sertifikasi dan pengujian mutu benih tanaman perkebunan.

Dengan aplikasi ini diharapkan suatu akivitas yang nyata dan dirasakan manfaatnya oleh produsen benih dan juga petugas BBPPTP Medan. Dampak secara nyata yang dapat dirasakan dengan adanya pelayanan online ini adalah kemudahan dalam pengajuan proses sertifikasi dan pengujian mutu benih tanaman perkebunan oleh pengguna layanan, perbaikan kualitas layanan dan percepatan penerbitan sertifikat mutu benih. Dengan percepatan layanan sertifikasi dan pengujian mutu benih tanaman perkebunan maka kualitas pelayanan semakin baik, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat memenuhi persyaratan pelanggan yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya pada acara peluncuran aplikasi, peserta yang hadir sekaligus diberikan tutorial bagaimana pengaplikasian layanan “pesona seribu” ini. Peserta tampak antusias dengan adanya aplikasi ini, terlihat dengan keseriusan pada saat demonstrasi penggunaan sistem aplikasi. Umumnya peserta menyatakan bahwa dengan aplikasi ini mereka akan lebih dipermudah sebab tidak perlu lagi mengantarkan permohonan ke kantor BBPPTP Medan sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Disamping itu mereka juga bisa mengikuti proses permohonan layanan mereka sudah sampai tahapan mana. Peserta berpendapat bahwa dengan adanya aplikasi online ini maka layanan sertifikasi dan pengujian mutu benih tanaman perkebunan akan menjadi lebih baik sehingga penerbitan sertifikat mutu benih akan lebih cepat.

Tutorial penggunaan aplikasi “pesona seribu” kepada peserta produsen benih dan staf BBPPTP Medan

 

Reporter & Foto : Ramoti Uli Agnes Samosir, SP., MP. (BBPPTP Medan).

Admin


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 44
Total pengunjung : 13261

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Asrama No. 124 Medan, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia (20126)
Telp. : (061) 8470504, 8458008, 8466787 FAX. (061) 8466771, 8445774. Email : bbpptp.medan@pertanian.go.id