BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN MEDAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

.UJI BANDING ANTAR LABORATORIUM IDENTIFIKASI LARVA Oryctes sp. BPTP PONTIANAK DI BBPPTP MEDAN

Diposting     Ahad/Minggu, 01 Oktober 2023 06:10 pm    Oleh    Admin2 BBPPTP Medan



Desianty Dona Normalisa Sirait*, Ida Roma Tio Uli Siahaan* dan Sry Ekanitha Pinem**

. (*POPT Ahli Madya, dan **POPT Ahli Muda)

Salah satu tugas pokok Laboratorium Proteksi Tanaman Perkebunan ((BPTP) Pontianak adalah melaksanakan pelayanan identifikasi Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Dalam rangka menunjang pelayanan tersebut perlu untuk menjaga dan terus meningkatkan kompetensi analis laboratorium BPTP Pontianak. Adapun upaya dalam hal peningkatan kompetensi analis serta pengendalian mutu hasil pengujian identifikasi OPT Perkebunan, diperlukan adanya kegiatan uji profisiensi atau uji antar laboratorium. BBPPTP Medan adalah salah satu peserta yang diundang untuk mengikuti uji banding ini. OPT yang diidentifikasi untuk uji banding ini adalah larva hama kumbang badak (Oryctes sp.). Kumbang badak menyerang tanaman kelapa dan kelapa sawit dengan cara menggerek pucuk tanaman yang apabila mencapai titik tumbuh dapat mematikan tanaman. Identifikasi larva dilaksanakan oleh 3 (orang) orang analis BBPPTP Medan yaitu Desianty Dona Normalisa Sirait, S.P., M.Agr., Ida Roma Tio Uli Siahaan, S.P., M.P., dan Sry Ekanitha Pinem, S.P., M.P.

Metode Uji Banding Identifikasi OPT

Uji banding identifikasi OPT di BBPPTP Medan dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2023. Identifikasi dilakukan pada 9 sampel larva yang dikirimkan oleh BPTP Pontianak. Teknik identifikasi yang dilakukan adalah dengan pengamatan langsung di bawah mikroskop yang merujuk kepada jurnal penelitian.

Hasil Uji Banding Identifikasi OPT

Dari 9 isolat tersebut hanya ada 1 (satu) sampel larva yang diidentifikasi sebagai larva Oryctes sp. yaitu pada sampel no 55. Pada sampel tersebut ditemukan ciri khas larva Oryctes sp. yaitu cincin khas pada pada segmen anus dan sejumlah seta tertentu pada sklerit toraks. 4. Pembuatan laporan uji banding Hasil uji banding identifikasi larva Oryctes sp. telah disusun dalam formulir yang disediakan oleh BPTP Pontianak. Laporan hasil uji banding telah dikirimkan ke BPTP Pontianak.

DAFTAR PUSTAKA

BPTP Pontianak, 2023. Petunjuk Pelaksanan Uji Banding Laboratorium Penguji Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak TA. 2023 Ruang Lingkup Identifikasi Oryctes sp. Kementerian Pertanian. Direktorat Jenderal Perkebunan. Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak. 20 hal.

Beaudoin-Ollivier, L, Prior RNB dan Laup S. 2000. Simplified Field Key to Identify Larvae of Some Rhinoceros Beetles and Associated Scarabs (Coleoptera: Scarabaeoidae) in Papua New Guinea Coconut Developments. Annals of the Entomological Society of America. 93(1):90-95.


Bagikan Artikel Ini